Kam. Jan 23rd, 2020

MULAWARMAN NEWS

Akurat , Inspiratif & Kredibel

10 Agustus 2019, KPU Paser Tetapkan Caleg Terpilih

2 min read

AQR: Ketua KPU Kaltim Bakal Hadiri Pleno

Ketua KPU Kabupaten Paser Abdul Qayyim Rasyid

M-NEWS.ID, TANA PASER – Meskipun sempat tertunda, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser akan tetapkan perolehan kursi dan caleg terpilih pada 10 Agustus 2019.Seperti yang disampaikan Ketua KPU Kabupaten Paser Abdul Qayyim Rasyid kepada media ini.

“Kami telah terima edaran KPU RI melalui KPU Kaltim. Insya Allah, Sabtu ini (10082019,red) kami akan menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih,” ungkapnya, Kamis (08/08/2019).

Terkait lokasi dilaksanakannya Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih, lanjut Qayyim (biasa disapa), diselenggarakan di Kyriad Sadurengas Hotels.

“Pelaksanaan pleno di Kyriad Sadurengas Hotels. Dimulai Pukul 09:00 Wita sampai selesai,” ucapnya.

Dikatakan, bahwa Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih KPU Kabupaten Paser juga akan dihadiri KPU Provinsi Kaltim.

“Rencananya, langsung Ketua KPU Kaltim, Pak Rudiansyah yang akan menghadiri Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih ini,” ujarnya.

Dijelaskan, bahwa KPU kabupaten/kota mesti menunggu instruksi dari KPU RI melalui KPU jenjang provinsi untuk melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih.

“Sesuai aturan yang ada, KPU kabupaten/kota baru bisa melaksanakan Pleno setelah ada keputusan KPU RI, yang menjelaskan telah menerima salinan putusan MK terkait gugatan pemilu oleh peserta pemilu,” paparnya.

Pasalnya, sebut Ia, secara hierarki posisi KPU di daerah bukan dibawah MK tapi dibawah KPU RI. Sehingga, secara prosedural instruksi yang dilakukan berdasarkan putusan atau edaran KPU RI.

“Karenanya, meskipun telah ada keputusan MK, maka kami selaku penyelenggara di jenjang kabupaten tetap harus menunggu instruksi KPU RI, bukan MK,” tegasnya.

Lebih lanjut, Qayyim menyampaikan pula tentang pengamanan selama Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih berlangsung nantinya.

“Untuk pengamanan pleno, kami telah berkoordinasi dengan pihak Polres Paser, Kodim 0904/TNG, Satpol PP dan Dishub Paser,” pungkasnya. (sad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.