Kam. Jan 23rd, 2020

MULAWARMAN NEWS

Akurat , Inspiratif & Kredibel

Bupati Paser Mutasi Ratusan Pejabat

2 min read

MNEWSKALTIM.COM, TANA PASER – Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi melakukan mutasi besar-besaran terhadap 370 pejabat eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser di Gedung Awa Mangkuruku, Selasa (7/1/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Paser menyampaikan mutasi tersebut merupakan bagian dari penataan birokrasi pemerintahan guna mendukung percepatan derap langkah menuju masyarakat mandiri, maju, sejahtera dan berkeadilan.

“Pelantikan dan mutasi ini adalah jawaban serius Pemerintah Daerah untuk mengisi kekosongan sejumlah posisi yang ditinggalkan karena pejabat yang lama memasuki masa purna tugas, dan ada juga yang ditinggalkan oleh pejabat yang promosi,” kata Bupati.

Selain itu, pelantikan pejabat Tinggi Pratama, Jabatan Administrator dan Pengawas juga merupakan penyesuaian nomenklatur lembaga Peraturan dengan sesuai Pemerintah Nomor 72 tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, dan Peraturan Menteri Dalam juga Negeri nomor 5 tahun 2017 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Provinsi dan Daerah Kabupaten/Kota yang Melaksanakan Fungsi Penunjang Urusan Penyelenggaraan Pemerintahan.

“Oleh karena itu, saya sampaikan bahwa pelantikan pada hari ini merupakan juga bagian dari penyesuaian nomenklatur sesuai aturan yang telah ditentukan,” ucapnya.

Dia juga berpesan kepada Pejabat Tinggi Pratama Kepala Badan Kepegawaian dan Pelatihan Sumber Daya (BKPSDM) yang baru dilantik agar bertanggung jawab meningkatkan kompetensi ASN di Paser.

“Laksanakan fungsi administrasi kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia, tingkatkan perhatian dan beri perlakuan yang proporsional antara pegawai struktural dan fungsional, staf eselon dengan pegawai pelaksana, dan Pegawai Negeri Sipil dengan Pegawai Tidak Tetap,” ucapnya.

Sedangkan kepada Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Dia berpesan agar serius mengamankan aset daerah serta memaksimalkan pemanfaatannya.

“Aset yang belum terdaftar atau belum memiliki bukti secepatnya agar penguasaan didaftar dan dilengkapi dengan bukti-bukti yang penguasaan cukup. Dan aset yang memberikan manfaat belum ekonomis, saya minta agar segera memberi manfaat diupayakan mendapatkan ekonomis yang lebih besar,” tuturnya.

Selain itu, kepada Kepala Bappedalitbang yang baru dia berharap mampu melakukan mengawal penyempurnaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, RPJMD Kabupaten paser tahun 2016 – 2021.

“Saat ini kita berada di ujung jalan RPJMD. Turunan RPJMD, yaitu RKPD, Renstra, dan Renja menyesuaikan dengan perkembangan kondisi masing-masing. Dengan demikian, kita bisa memastikan perjalanan RPJMD hingga akhirnya nanti dipertanggungjawabkan dapat dengan baik dan akuntabel,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Paser juga mengingatkan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar segera melakukan pembenahan diri untuk bisa menyatu dengan lingkungan kerja yang baru.

“Jangan lupa lakukan komunikasi intensif dengan pegawai, evaluasi program dan kegiatan yang ada, bangun sinergitas antara atasan dan bawahan, sehingga tercipta lingkungan kerja yang kondusif, profesional serta penuh rasa kekeluargaan,” katanya. (rhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.