Kam. Jan 23rd, 2020

MULAWARMAN NEWS

Akurat , Inspiratif & Kredibel

Bupati Paser Sebut Kesepakatan Dengan Kejaksaan Bukan Terkait Kasus Pidana

1 min read

M-NEWS.ID, TANA PASER – Penandatangan kesepakatan Pemkab Paser dengan kejaksaan pada Rabu (7/8), bersama 3 instansi lain, menurut Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi bukan menyangkut persoalan pidana, melainkan persoalan atau kasus perdata dan tata usaha negara.

Meski sebenarnya kejaksaan sendiri memiliki Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). Fungsinya adalah untuk mengawal jalannya pemerintahan daerah dan mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di pemerintah.

“Iya ini kesepakatan dengan kejaksaan bukan persoalan pidana ya, tapi perdata,” kata Yusriansyah ditemui usai penandatangan kesepakatan bersama dengan 4 instansi itu.

Tujuan dilakukannya kesepakatan dengan kejaksaan adalah untuk membantu Pemkab Paser dalam penyelesaian penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara. 

“Jika ada OPD menghadapi persoalan hukum terutama pada pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Diakui Yusriansyah, selama ini kejaksaan Paser sudah cukup banyak membantu Pemerintah Daerah dalam hal pendampingan hukum. Namun dengan adanya kesepakatan tertulis itu, kerjasama yang dilakukan memiliki landasan yang kuat.

Dengan kesepakatan tersebut Bupati berharap kejaksaan dapat membantu Pemkab Paser saat terseret kasus perdata hingga di tahap pengadilan.

“Misalnya persoalan yang sampai pada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Kami harap ada pendampingan,” ucap Yusriansyah. (sas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.