MNews Paser

DAFTAR CALON SEMENTARA ANGGOTA DPRD KABUPATEN PASER TAHUN 2019

M-NEWS.ID, TANA PASER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser, Minggu (12/08/2019), mengumumkan Daftar Caleg Sementara (DCS) hasil pengajuan dari Partai Politik (Parpol) selaku peserta pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

DCS pengajuan parpol ini terbagi dalam beberapa Daerah Pemilihan (Dapil) untuk Kabupaten Paser. Seperti, Dapil Paser I mencakup wilayah Kecamatan Tanah Grogot, Dapil Paser II mencakup wilayah Kecamatan Kuaro, Batu Sopang, Muara Komam dan Kecamatan Muara Samu. Kemudian, Dapil Paser III mencakup wilayah Kecamatan Long Kali dan Kecamatan Long Ikis. Sedangkan, Dapil Paser IV mencakup wilayah Kecamatan Paser Belengkong, Batu Engau dan Kecamatan Tanjung Harapan.

Menurut Ketua KPU Paser Eka Yusda Indrawan, publikasi DCS dimaksudkan untuk mendapatkan tanggapan dari masyarakat mengenai nama-nama calon. Dimana, hasil tanggapan itu akan dilakukan klarifikasi oleh KPU kepada parpol yang mengajukan.

“Tanggapan terkait DCS ini, bisa menjadi media untuk ruang partisipasi masyarakat. Sehingga partisipasi warga pemilih bukan hanya datang ke TPS saja, tetapi juga terlibat aktif di setiap tahapan pemilu,” ungkapnya.
Selain terdapat calon meninggal dunia untuk perubahan DCS, lanjut Eka, tanggapan dari masyarakat dapat mengakibatkan pula seorang calon Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Setelah mengajukan klarifikasi atas tanggapan masyarakat, maka parpol akan menyusun kembali DCS hasil perbaikan atau DCSHP. Kemudian, diserahkan kembali kepada kami (KPU Paser),” ucapnya.
Dikatakan, bahwa pengumuman DCS anggota DPRD Kabupaten Paser dimulai 12-14 Agustus 2018. Selanjutnya, untuk masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS anggota DPRD Kabupaten Paser dimulai 12-21 Agustus 2018.

“Untuk permintaan klarifikasi kepada parpol atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS anggota DPRD Paser dimulai 22-28 Agustus 2018. Sedangkan penyampaian atas klarifikasi dari parpol kepada KPU mulai 29-31 Agustus 2018,” ujarnya.

Dijelaskan pula, bahwa ada sejumlah masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS Anggota DPRD Kabupaten Paser yang akan ditanggapi pihaknya. Diantaranya, pengajuan masukan dan tanggapan masyarakat langsung di kantor KPU Paser, tertulis dengan disertai fotocopy KTP dan hanya menyangkut berkas syarat calon.

PENGUMUMAN DAFTAR CALON SEMENTARA ANGGOTA DPRD KABUPATEN PASER DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019

1.       DAERAH PEMILIHAN 1

2.       DAERAH PEMILIHAN 2

3.       DAERAH PEMILIHAN 3

4.       DAERAH PEMILIHAN 4

One Reply to “DAFTAR CALON SEMENTARA ANGGOTA DPRD KABUPATEN PASER TAHUN 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *