MNews Paser

Inovasi Layanan Publik Harus Jawab Permasalahan Masyarakat

M-NEWS.ID, Tana Paser – Inovasi dari sebuah layanan publik oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus bisa menjawab permasalahan dan memberikan solusi yang butuhkan masyarakat.

“Kami mendorong inovasi-inovasi terutama pada pelayanan publik dan keterbukaan informasi publik,” kata Wabup H. Kaharuddin saat Workshop pelaksanaan birokrasi dan penguatan akuntabilitasi yang digelar Pemprov Kaltim bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Gedung Awa Mangkuruku, Rabu (2/10/2019).

Menurutnya, berinovasi guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat adalah bentuk pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat.

Dia mencontohkan beberapa invoasi layanan publik seperti SIMANDU atau Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Terpadu, atau Si Papah Ganteng yaitu aplikasi sistem informasi pengaduan sampah dan gangguan tentang lingkungan.

“Atau Media Center Kabupaten Paser yang juga telah launching Media Center di Kecamatan Muara Komam. Ini juga inovasi,” ujarnya.

Dia mengajak seluruh ASN untuk melakukan penataan dan penguatan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah demi mewujudkan reformasi birokrasi. Caranya yakni setiap ASN harus tahu apa yang dikerjakan serta memiliki tujuan kerja yang jelas.

“Karena setiap ASN, harus tahu apa pekerjaannya, apa yang dia kerjakan dan bekerja dengan memiliki tujuan serta hasil harian, mingguan, bulanan, atau tahunan yang dicapai kemudian melaporkannya tepat waktu,” ujar Kaharuddin.

Dia juga berharap Kepala OPD dapat secara rutin memantau capaian kinerja program kegiatan karena sebelumnya telah dilakukan komitemen perjanjian kerja oleh seluruh pejabat eselon. (*/sas/dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *