MNews Paser

Jelang Purna Bakti, 40 ASN Paser Dibekali Wawasan Kewirausahaan

M-NEWS.ID, Tana Paser – Aparatur sipil negara (ASN) yang memasuki Purna bakti (pensiun) pada tahun 2019 mendapatkan pembekalan dari Pemerintah Kabupaten Paser melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) di Ballroom Hotel Bumi Paser, Senin (30/9/2019).

Sebanyak 40 ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Paser ini menerima materi dari Rusliansyah SE, M.SI dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Kepala Cabang PT Bank Mandiri Taspen Cabang Samarinda Aming Sudraja, dan Accont Officer PT Taspen Persero Cabang Samarinda Ryanto Alif Hutama.

Asisten Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser Arief Rahman dalam sambutannya mewakili Bupati Paser mengatakan tujuan kegiatan tersebut yakni untuk memberikan bekal bekal kemampuan, sikap dan keterampilan dalam berwirausaha.

“Tujuannya adalah untuk perubahan minset bagi ASN bahawa pensiun bukan akhir segalanya. Malah di masa pensiun ASN bisa berinovasi dan kreatif serta menggali potensi yang selama ini belum tersalurkan karena kesibukannya selama di pemerintahan,” kata Arief Rahman.

Diakui Arief, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, masa pensiun pasti akan dirasakan oleh semua ASN. Namun ia meminta agar proses itu dapat secara wajar, professional, dan bijaksana.

“Nikmatilah keberadaannya walaupun penghasilan berkurang. Harapannya dapat meninggalkan kesan yang baik,” ujarnya.

Melalui pembinaan ini kata Arief, ASN yang memasuki masa pensiun dapat merubah minset atau pola pikirnya untuk mengisi kegiatan sehari-hari dengan kegiatan lain yang dapat meningkatkan kemandirian dan kemampuan finansial.

Saat pensiun nanti ASN lanjut ia, tetap masih bisa berkontribusi dalam pembangunan melalui wadah organisasi para pensiunan ASN yakni Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI).

Melalui wadah PWRI, pensiunan ASN masih bisa mendiskusikan atau membicarakan hal-hal terkait pembangunan daerah. Karena PWRI merupakan bagian dari organisasi binaan pemerintah.

Arif Rahman mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada ASN yang akan memasuki pensiun atas pengabdiannya selama bekerja melayani masyarakat.

“Atas nama pribadi ucapan penghargaan yang setinggi-tingginya terima kasih atas pengabdian dan loyalitas selama menjalankan tugas pemerintah dan pelayanan masyarakat,” kata Arief.

Sekali lagi ia meningatkan kepada ASN yang akan memasuki pensiun, bahwa masih ada ASN lain yang tidak sempat merasakan penisun karena berbagai hal seperti sakit, meninggal dunia atau hal lain.

“ASN lain, ada yang gugur sebelum pensiun karena sakit, misalnya. Maka Berbahagialah ASN yang bisa merasakan batas usia hingga pensiun. Isilah kegiatan dengan sesuatu yang bermanfaat dengan semmangat tinggi. Terus berkarya sesuai bakat dan potensi diri masing-masing,” ucapnya.(*/sas/dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *