Kam. Jan 23rd, 2020

MULAWARMAN NEWS

Akurat , Inspiratif & Kredibel

PASER HARAP PEMIMPIN YANG VISIONER KEKINIAN, BERKREATIFITAS, BERINTEGRITAS DAN BERKEADILAN

3 min read

Partai Politik Diharapkan Aspiratif Kepada Masyarakat Dalam Dinamika Pencalonan

Oleh : Muchtar Amar, SH (Praktisi Hukum & Pemerhati Politik dan Hukum (PATIH) )

Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Paser Periode 2021 – 2026 haruslah menjadi momentum bagi masyarakat Kabupaten Paser untuk objektif menilai secara terukur menyeluruh atas kapasitas dan kapabilitas bakal calon yang nantinya akan diusung oleh partai politik. Tentu saja partai politik diharapkan dalam proses penentuan pengusungan bakal calon tidak selalu diindikasikan harus transaksional berapa “Mahar Politik” yang diterima dalam memberikan rekomendasi. Tetapi juga objektif terbatas pada biaya logistik, akomodasi, trasportasi dan biaya saksi, karena jumlah kursi yang diraih oleh kader partai di daerah merupakan perjuangan yang cukup keras dilakukan untuk memperoleh target kursi.

DPP partai politik tentulah bijak dalam menentukan arah kebijakan partai untuk menentukan bakal calon yang akan diusung. Di era kekinian partai politik dalam kontestasi politik harus berevolusi lebih visioner, transparan, aspiratif dengan situasi, kondisi, sosial budaya, potensi dan keseimbangan lingkungan alam serta menyerap harapan terkini dimasyarakat Kab. Paser melalui konsolisasi informasi dari kader partainya ataupun melalui hasil survei dari lembaga survei independen dan juga melalui informasi di sosial media. Disamping itu juga masyarakat harus lebih aktif, cerdas dan peduli (care), bahwa pemilihan kepada daerah Kabupaten Paser merupakan proses politik kebersamaan upaya untuk menentukan nasib dan kemajuan Kab. Paser yang lebih baik lagi melalui visi dan misi maupun janji politik dari pasangan calon yang nantinya akan dipilih.

Terkait isu terkini tentang Ibu Kota Negara yang direncanakan diantara PPU dan Kukar oleh pemerintah pusat, mengharuskan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Paser periode 2021-2026 mempersiapkan diri sebagai pemimpin daerah penyangga Ibu Kota Negara, unsur pimpinan daerah lainnya bersama dengan masyarakat Kab. Paser dapat bersinergi mengoptimalkan potensi daerah khususnya potensi pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pekerja informal, pekerja seni, pelaku UMKM, mempersiapkan SDM kedepannya yang telah ada agar memiliki daya saing yang lebih tinggi melalui program-program pendidikan, beasiswa pendidikan, pelatihan, pertukaran SDM sesuai profesinya yang kompatibel, merencanakan/mempersiapkan prasarana dan sarana untuk menunjang SDM sesuai profesinya secara berjenjang dan berkelanjutan, melakukan kemitraan dengan investor untuk membina dan mengembangkan hasil-hasil potensi di daerah menjadi hilirisasi produk serta menyerapnya untuk dipasarkan, membentuk lembaga hilirisasi produk, inovasi, ilmu pengetahuan dan teknologi yang terintegrasi, mengevaluasi sistem dan prioritas pembangunan infrastruktur secara berjenjang dan berkelanjutan berdasarkan kriteria, fungsi kegunaan dan tujuan pembangunan yang bersinergi dan terintegrasi yang berkeadilan, mengoptimalkan hasil penerimaan daerah dari pungutan sektor perpajakan dan nonpajak, mempersiapkan rencana tataruang sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara yang seimbang antara manusia dengan alam, meningkatkan pelayanan, prasarana dan sarana kesehatan, memperhatikan kesejahteraan sosial masyarakat melalui pendataan, penyusunan rencana dan program kesejahteraan sosial sesuai dengan harapan keluarga bahagia, memberdayakan lembaga pendidikan, lembaga keagamaan, lembaga kerukunan dan kebudayaan daerah, organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat untuk mewujudkan masyarakat Kab. Paser yang berkemanusiaan, berkeadilan dan berketuhanan YME.

Pasangan bakal calon perseorangan H. Fahroji – Hj. Sy. Masyitah Assegaf, H. Toni – Faturrahman, H. Herman Setiawan – Hj. Nor Asiah (ketiganya calon perseorangan yang sudah berpasangan dan mengikuti Aplikasi Silon) dan mungkin masih ada calon perseorangan yang akan muncul lagi?.

Untuk pasangan calon dari partai yang akan diusung partai politik telah berpasangan H. Kaharuddin – H. Azhar Bahruddin, Alfard Syarif – H. Ridhawati Suryana, kemudian untuk pasangan calon dari partai politik yang belum berpasangan H. Sulaeman Eva Merukh, H. Nasir (TKBM), Ibrahim Achmad, H. Sahidin, Zulkifli, H. Abd. Rasyid, Ikhwan Datu Adam, Arbain M. Noor, Khaerul Huda, Indra Fardian, Drs. Katsul Wijaya, dan dr. Fahmi Fadli (Katsul Wijaya – Fahmi Fadli diisukan akan berpasangan).

Dengan banyaknya bakal calon yang muncul ataupun dimunculkan, hal ini mengindikasikan bahwa euporia pemilihan kepala daerah di Kab. Paser diharapkan dapat melahirkan calon pemimpin yang Visioner Kekinian, Berkreatifitas, Berintegritas Dan Berkeadilan!. Hal ini menimbulkan tanda tanya apakah figur-figur yang telah ada dipermukaan merupakan figur-figur terbaik di Kab. Paser? atau masih ada figur-figur terbaik lain yang akan muncul dipermukaan?

Dari hasil penelusuran informasi dan komunikasi dari beberapa warga desa di Kec. Tanjung Harapan, Batu Engau, P. Belengkong, Tanah Grogot, Muara Samu, Batu Sopang, Muara Komam, Kuaro, Long Ikis dan Longkali mengharapkan pasangan calon yang mau melayani dan mudah ditemuin masyarakat siapapun, kapanpun, dimanapun untuk mendengarkan keperluan dan harapan mereka di daerahnya masing-masing sesuai dengan latarbelakang kehidupannya, pasangan calon yang dermawan, memiliki rekam jejak yang baik dan sebagainya. Namun ada juga bahasa sederhana lainnya yakni Nomor Piro Wani Piro (NPWP) atau istilah lainnya “Politik Uang”, itulah bahasa sederhana yang selalu kita dengar di masyarakat Kab. Paser. Apakah pasangan calon nantinya mau dan mampu melakukan hal tersebut?.

SETIAP ARTIKEL DI MNEWSIANA MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.