MNews Paser

Tingkatkan Kompetensi Guru, Disdikbud Paser Siapkan Diklat hingga Jenjang SMP

M-NEWS.ID, Tana Paser – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) terus meningkatkan kemampuan guru dengan mengupayakan diklat peningkatan kompetensi disemua jenjang, baik PAUD sampai dengan SMP.

“Secara bertahap Disdikbud Paser terus mengupayakan diklat guna meningkatkan kompetensi guru di semua jenjang, baik PAUD sampai dengan SMP secara rutin,” kata Kabid Pembinaan dan Ketenagaan Disdikbud Paser Erni Susanti.

Menurutnya, hingga saat ini terdapat ratusan tenaga pengajar yang belum mengikuti pelatihan dan pedidikan (diklat). Sesuai undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen bahwa setiap tenaga pendidik harus memiliki kompetensi dan kemampuan yang memadai.

“Untuk di Kabupaten Paser, yang belum pernah mengikuti diklat kurang lebih 800 guru. Oleh karena itu kami terus memberikan diklat,” kata Erni usai kegiatan diklat guru pendamping muda tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Senin (30/9/2019).

Dia juga mengakui bahwa alokasi anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) itu belum memadai sehingga Disdikbud Kabupaten Paser melakukan kerjasama dengan Kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud).

“Di dalam peningkatan kompetensi ini ada sharing dana antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat sehingga dapat meningkatkan dan meratakan kualitas pendidikan di Paser “ ujarnya. (*/sas/dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *