MNews Paser

Wabup Paser Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Ingatkan Nilai Pancasila untuk Bangun Daerah

M-NEWS.ID, Tana Paser – Wakil Bupati Paser H. Kaharudin memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang mengusung tema “Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia” di halaman Kantor Bupati Paser, Selasa (1/10/2019).

Dalam amanatnya, Wabup berpesan kepada seluruh elemen masyarakat untuk merasapi Pancasila dalam jiwa masing-masing menjadi karakter bangsa.

“Di sinilah kita semua harus melihat ke jiwa kita masing-masing, meresapi Pancasila menjadi karakter setiap warga negara,” kata Wabup.

Dia mengingatkan peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang tidak terlepas dari peristiwa gerakan 1 Oktober 1965 yang berupaya merongrong ideologi negara.

“Peristiwa 1 Oktober ini peristiwa penting yang harus selalu kita ingat untuk menjadi pelajaran bagi kita semua,” ucapnya.

Dia juga berharap setiap warga di Paser dapa berkontribusi dalam pembangunan daerah, minimal bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

“Kepada generasi muda ia berpesan agar selalu giat menuntut ilmu karena kelak generasi inilah yang akan memimpin Paser mencapai daerah yang maju dan sejahtera,” tuturnya.

Sementara Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Czi Widya Wijanarko mengharapkan kepada seluruh elemen, terutama generasi milenial saat ini, untuk tetap melestarikan dan menjaga Pancasila sebagai karakteristik bangsa.

“Sejarah mencatat Ideologi Pancasila pernah dirongrong oleh paham atau ideologi lain. Terbukti hingga saat ini Pancasila cocok dengan karaktertistik bangsa Indonesia yang beragam. Harapannya generasi muda terus menjaga ideologi ini,” kata Wijanarko. (*/sas/dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *